Sabda Bina Umat

Renungan SBU Pagi 2015
SENIN, 9 NOVEMBER 2015
Roma 8:1-11

AWAS, JANGAN SALAH JALAN!

Konteks
Hidup oleh Roh
8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. 8:2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. 8:3 Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus Anak-Nya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging, 8:4 supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh. 8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. 8:10 Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. 8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

MINGGU XXIV SESUDAH PENTAKOSTA
SENIN, 9 NOVEMBER 2015
RENUNGAN PAGI
KJ.416:1 -Berdoa
AWAS, JANGAN SALAH JALAN!

Roma 8:1-11
Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging, mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan halihal yang dari Roh. (ay.5)

Ketika kita sedang berjalan dan tiba di sebuah persimpangan, tentu kita harus memilih. Hal yang sama disampaikan oleh Paulus dalam firman Tuhan pagi ini. Daging dan Roh dalam bahasa Paulus bukan menunjuk pada bagian tubuh manusia tapi lebih kepada jalan yang dipilih seseorang dalam kehidupan (ay. 1-4). Apakah mau hidup menurut daging atau Roh? Tentu keputusannya ada di tangan yang bersangkutan. Jika salah memilih, kita tentu akan tersesat dan tidak sampai di tempat tujuan.

Saudaraku, firman Tuhan saat ini menyediakan “peta” bagi kita supaya tidak tersesat. Ayat 5-6 memberi petunjuk, “Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan ha!-ha! yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan ha!-ha! yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.”Jika tidak ingin tersesat, hiduplah dalam damai sejahtera. Jadi, kalau setiap hari kita selalu menyemburkan amarah dan fitnah, tentulah damai sejahtera menjadi langka dalam hidup kita. Kalau setiap hari kita tak pernah berhenti menyebar kedengkian dan kebencian, tentulah damai sejahtera hanya akan menjadi mimpi yang tak pernah nyata.

Pepatah dari negeri matahari terbit (Jepang) mengatakan bahwa semua wajah yang ada di dunia ini adalah cermin wajah kita sendiri. Wajah bagaimanakah yang tampak pada orang-orang yang anda jumpai? Jika selama ini kita mendapati wajah mereka marah, takut atau cemberut ketika berjumpa dengan kita, mungkin kita perlu introspeksi diri. Jangan-jangan kita menjadi sumber tidak adanya damai sejahtera dalam hidup mereka. Jika ya, segeralah putar haluan dan berbalik arah. Pilihlah arah yang tepat sehingga kita tiba pada jalan damai sejahtera. Sekalipun badai kehidupan menerpa dan angin
ribut persoalan datang melanda, damai itu akan tetap ada. Bahkan, jika kematian sekalipun yang menghadang kita, firman Tuhan mengatakan, . .maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkanjuga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.” (ay. 11). Sungguh sebuah kabar yang menyejukkan untuk memulai hari ini!

KJ.416 : 3
Doa : (Ya Tuhan, berikanlah kami hikmat-Mu untuk memilih jalan ” yang dapat membawa kami pada hidup dan damai sejahtera)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Calendar

    November 2015
    S M T W T F S
    « Oct   Dec »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • About

    Website GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat) Jemaat "Koinonia" - Jakarta ini dibuat sebagai media informasi bagi Jemaat Koinonia, sebagai pelengkap Warta Jemaat.

    Infomasi lebih lengkap dapat dibaca di Warta Jemaat tertulis yang dibagikan setiap Ibadah Minggu.
    Tuhan memberkati!
%d bloggers like this: